Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Penyu Wisata Pantai Sukamade

penyu hijau pantai wisata sukamade

Sedikit Pengalaman telah mengajarkan banyak hal, mengajari kesabaran untuk meraih semua yang di inginkan, seperti Tukik (bayi penyu) merangkak ke pantai entah apa yang akan diperbuat besok di tengah lautan, seiring dengan waktu, setelah bisa pegang laptop dan sedikit pengetahuan tentang wirelles routing yang dipelajarinya setiap malam, akhirnya pemanjat itu naik kelas, sekitar tahun 2008 bahkan sebelum ada namanya BlackBerry dan Android sang pemanjat sudah menjadi Technical support di sebuah perusahaan Internet Service Provider, semoga pekerjaan itu bisa membawanya di kehidupan yang lebih baik, Seperti tukik-tukik yang merangkak menuju lautan, semoga tukik-tukik mungil itu segera menjadi Penyu dan banyak yang menyukainya

 Tukik Tukik Lucu Merangkak

tukik tukik lucu merangkak di pantai sukamade

Banyuwangi kaya wisata pantai, Untuk anda yang mencari suasana pantai yang masih asri dan alami,  Pantai Wisata Sukamade bisa menjadi salah satu alternatif untuk anda kunjungi jika sedang berada di kawasan Banyuwangi Selatan, Pantai Sukamade punya keunikan sebagai tempat habitat penyu bertelur, Dari tujuh spesies penyu yang tersisa di dunia, Indonesia merupakan tempat bertelur bagi enam spesies penyu. Dan empat dari spesies penyu itu bertelur di Pantai Sukamade Banyuwangi

 Penyu Bertelur

fenomena penyu bertelur pantai sukamade

Pemandangan  yang bagus di pantai wisata sukamade Banyuwangi, dan ditunggu-tunggu oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing adalah ketika waktu sudah berganti malam, dimana disaat itu Satu per satu penyu akan muncul dari laut menuju ke pantai untuk bertelur, Beberapa jenis penyu yang sering bertelur di pantai Sukamade Banyuwangi adalah penyu belimbing, penyu lekang, penyu sisik, dan penyu hijau, Proses penyu bertelur sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam dari naik ke pantai sampai kembali lagi ke laut, hampir setiap malam anda bisa melihat penyu yang mendarat dan membuat lubang untuk tempat telur mereka

Penyu Hijau

penyu pulang ke laut setelah bertelur

Jenis Jenis Penyu :
Penyu Hijau atau green turtle (Chelonia mydas)
Penyu Sisik atau Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata)
Penyu Lekang atau Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea)
Penyu Tempayan atau Loggerhead turtle (Caretta caretta)
Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi)
Penyu Belimbing atau Leatherback turtle (Dermochelys olivacea),
Penyu Pipih atau Flatback turtle (Natator depressus)

Penangkaran Penyu

penangkaran penyu pantai sukamade

Lokasi Pantai Sukamade 

Pantai Sukamade terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi ,  Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Rajegwesi dan pantai Teluk Hijau, jika anda berada di Pantai Sukamade anda juga dapat mengetahui cara pelestarian penyu hijau, karena kawasan Pantai Sukamade ini merupakan kawasan konservasi penyu hijau, anda juga dapat melihat secara langsung penyu-penyu itu waktu bertelur, dan ikut melepaskan sekelompok tukik-tukik yang lucu merangkak menuju ke laut


lokasi taman nasional meru betiri


Video Tukik Tukik menuju Laut Pantai Sukamade :
SELAMAT BERKUNJUNG

demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Penyu Wisata Pantai Sukamade , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
77 Komentar untuk "Penyu Wisata Pantai Sukamade"

Ini Komentarnya :

Nggak usah berkunjung, lihat videonya juga sama mas :)

Wah pengen dech kesana mas, semoda ada kesempatan kesana. Pengen

Kalau di kepulauan seribu ada penagkaran penyu sisik di Pulau Pramuka, populasi penyu kian hari kian mengkhawatirkan, apalagi rasio hidupnya tukik di lautan kadang malah ngga lebih dari 5 persen yang bertahan hidup, hiks

silahkan mampir ke tulisan pulau pramuka : http://www.salmanbiroe.com/2013/07/pagi-buta-dalam-taksi-matahari-itu.html

wah pasti suatu pengalaman tersendiri nih mas,bila bisa melihat dari dekat cara pelestarian penyu dipantai sukamade.
tp kapan ya saya kesana

apalagi sambil melotot
malah tambah jelas

Keren yaa kalau kita ikut melestarikan tukik gitu. Melepasnya ke laut lepas.... Hehe...

iya mas, semoga penyu nya tetap lestari

Saya selalu penasaran penyu bertelur dan proses melindunginya. Kalau lihat di TV, harus hati-hati bener, mengingat jumlah penyu semakin sedikit.

kotaikan akhirnya bergerak lagi ya bang setelah lama hiatus

bisa dijadikan wisata edukasi ni masbroooooooong

bisa ikut langsung di pantai sukamade mbak

Indahnya si penyu
Memiliki tukik-tukik lucu
membuat penasaran hatiku
Ingin menyentuk punggungmu

Wah... di tempat tinggal saya jg ada taman nasional penangkaran penyu pulau seribu...


Oh ya gan udah saya follow blognya folback ya...thank's by aktivis adsense..

senengnya bisa ke wisata penyu pantai suka made, walau baru berkunjung lewat artikel, banyak komentar kaum hawanya hehe...

Alhamdulillah, Kaum Adam nya juga banyak

terus, yang mau ngajakin ke sukamade sekarang siapa coba?

Semoga penyu tetap lestari di Indonesia :)

huaaaaaaaaaaa gemesin banget, huhuhu tapi ga boleh bawa pulang :(

Kalau ke pantai Sukamade harus ikut melpeas penyu juga ya mas ?

lebih aman kalau tetap berada di tempat nya:)

Ah kayaknya seru banget ya bisa lihat langsung tukik2 lucu itu di habitatnya :D
Ntar deh kapan2 kalo main kesana, heheh.
Btw, lama ya saya gak main kesini, hehehe.

gak ikutan gpp kok mas
kalau saya sih harus ya , seru soalnya :)

eh ada juragan :)
iya gan, sama saya juga sudah lama gak blogkampling

Ya ampyun, .telur penyu dan penyunya bener bener unyu unyu, bikin aku terpenyu-penyu, hihihi

kata-kata baru nih terpenyu-penyu, hahaha

Telurnya mungil banget ya, jauh gak sih dari pusat kotanya?

kota terdekat kecamatan pesanggaran kurang lebih 25 km
jika dari pusat kota Banyuwangi kurang lebih 95 km

boleh minta penyu nya satu ga mas?hehe
atau dilindungi?

di lindungi mas, lebih aman kalau penyu tetap disana
coba minta langsung sama pengelolanya, siapa tahu dikasih :)

harus dilestarikan ini gan penyu nya biar kagak punah yak, soalnya sekarang ini banyak orang jahil yang suka berburu penyu secara liar untuk dijual



Back To Top