Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Ikan Lemuru Atau Sardinella



Boleh bertanya kepada sepuluh orang teman mu tentang ikan lemuru. Niscaya sebagian besar, atau bahkan mungkin seluruhnya, bakal mengernyitkan dahi. Ikan apaan tuh? Tapi coba tanyakan tentang ikan sarden kalengan, tentu mereka akan menganggukkan kepala, pertanda mengerti. Bahkan sangat mungkin mereka sering atau setidaknya pernah menyantapnya.

Di kalangan penjual ikan segar, lemuru tergolong ikan yang tidak disukai karena gampang busuk. Dulu, ketika industri pengalengan ikan belum berkembang, nasib lemuru tidak berbeda dengan jenis ikan lain yang biasa dijual di pasar tradisional, Di tempat hidupnya di perairan Selat Bali, ikan ini punya banyak sebutan. Jika ukuran badannya masih mungil (sekitar 10 cm), ia dipanggil semenit atau sempenit. Jika beranjak remaja dan panjang badannya sekitar 12 cm, dijuluki protolan. Pada saat dewasa, ketika mencapai 15 cm, disebut lemuru, tanpa embel-embel. Kalau lebih bongsor lagi, dipanggil lemuru kucing atau ikan kucing

sardinella lemuru

Ikan lemuru memang masih sekeluarga sarden-sardenan. Dari segi nutrisi pun ikan lemuru tidak kalah bergizi dibandingkan dengan sarden jepang. Bedanya cuma perkara tempat hidup, Di Indonesia, pasaran ikan kaleng pelagis (ikan permukaan laut) didominasi ikan sarden (sardines) dan makarel (mackerel). Khusus produk ikan sarden kalengan domestik, bahan bakunya bisa dipastikan ikan lemuru (Sardinella lemuru). Ikan ini banyak terdapat di Selat Bali, wilayah perairan antara Banyuwangi (Jawa Timur) dan Bali. Dalam versi Inggris, ikan ini disebut bali sardinella. Sementara, yang terkenal sebagai ikan sarden sebetulnya sarden jepang (Sardinella melanostica).

lemuru berbaju sarden


Kakiku lagi pegel-pegel abis main futsal kemaren sore bersama temen2, waktu bukak blog ini ada pertanyaan dari mbak fanny Sang Cerpenis, di muncar ada pabrik pengalengan ikan sarden ya? ada kok mbak pabrik-pabrik di muncar yang memproduksi ikan kalengan, ada PT Sumber Yala, PT Maya Muncar, PT Pasififik Harvest, PT Blambangan Raya, PT. Avila Prima dll , ada juga  pabrik tepung ikan,pabrik terasi,pabrik ikan pindang, pakan udang, ikan asin dll

petis,ikan asin,terasi

Bapak dan Ibu saya waktu masih muda mereka berdua kerja di pabrik tepung ikan dan sarden, kalau Ibu waktu muda dulu bekerja Pengalengan ikan tepatnya di PT. Blambangan Raya, nah klo bapak bekerja di PT. Sumberyala Samudra, seiring dengan waktu Ortu sudah berhenti dari kerja dan waktu saya masih kecil walaupun pabrik-pabrik tersebut deket dengan rumah, saya belom pernah masuk kesitu, paling-paling cuman melihat saja waktu lewat disaat abis jalan-jalan di pantai, pernah juga ingin bekerja di pabrik Sarden tersebut, pengenya seh saya kerja disitu karna deket rumah..mau ngelamar di bagian IT nya kali yaa


Video: Nelayan Kota Ikan Muncar Banyuwangi


baca juga: Proses Pembuatan Ikan Sarden

Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Ikan Lemuru Atau Sardinella , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
Tag : ikan
31 Komentar untuk "Ikan Lemuru Atau Sardinella"

ooo..begonoo, ternyata itu ikan yg sering aku olah ketika males masak, tinggal panas kan, jreng jreng...jadilah masakan yg disukai anak2 ku..hehehe...

pertamaxxxxx dulu.....

wah.. yang di video youtube tuh ikan apaan bro....

wah mudah-mudahan kekayaan alam laut kita lestari:-)

sarden....
enak dan gampang
hmmmm yummy

jadi laper, pengin makan lauk sarden nih...

weahh.. maksh mas info nya..

bapak ini memang nelayan :D hee..

hoby apah mas.. mancing??

wadoh tuh ikan gede banget seh, bisa buat makan 1 bulan kali ya?

Ikan laut ???
dimasak apapun nggak mengecewakan, karena apa?
Anugerah dari Yang Esa... Beda dengan nila dan lele kayak piaraan_ku he he he

kalo ikan lemuru pernah denger kok sob..
hehehe.. tapi baru liat gambarnya sekarang ini.. :P

baru kali ini denger nama ikuan itu..

makan bakso gak bagi2 ya?

btw, aku punya teman yg asal banyuwangi jadi tahu kalo ada pabrik pengalengan sarden.

hohoho...kalo ikan jenaha sama ikan lacukang apa yah bro bahasa inggrisnya?

pasti warek kalu tak bakar ikan iki
hehehehhehe
ngalahno iwak tuna yo?
hehehehe

hehe..baru tau niy, well yang penting aku suka ikan..hidup ikan!!

perasaan aq ngasih makan ikan kamu ko ga gede2 ya?

oh jadi itu ikan sarden ya..?
sarden sama bothan sama ga sech...?
jadi bingung aq.

wekss gede banget tu ikannya sobbb!!!
mampir lagi ya sobbb !! jangan jemu-jemu walau sekedar lewat, jangan bosen-bosen untuk meninggalkan jejak !! terimakasih

Harian Kompas kemarin mengulas soal nelayan di Muncar lho! Jadi ingat blog ini.

waaaaa ikan segede itu mau diapain brooo...

Ikan jenis ini, bisa membunuh kucing khan??
Yah..... Kalau kucingnya dilempar pake ikan kaleng.

klo ikan tuna ane doyan bangeet...
wkt kuliah dulu suru ngapalin nama latin ikan,,, hadooohhh kuisnya itu loh sampe 10 nama ikan setiap kuis... skg mah ga dipake lagi ;(

sob.. Muncar masuk koran Kompas tuh baru2 ini... ^^

wah ternyata salah dugaanku. kirain mackerel hihi...
ternyata sarden yah, makasih sharingnya.

ikannya gede banget apa gak takut tuh maemnya?

kalo ikan sardin mah enak, kecil-kecil nggak ribet maemnya heheheh

wah, gede pisan, si abang becak kudu minta jatah tuh kalau mateng..heheee..
sardinella kaya gitu ya..baru tau...
padahal tinggal di pesissir pantai dulu....ah dododl emang aku



Back To Top