Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Menikmati Nasi Tempong Banyuwangi

makanan khas bumi blambangan

Daripada mikirin Google Sandbox dan blog Auto Generate Content, Mending menikmati mantap nya rasa Sego Tempong kuliner Khas Banyuwangi, Akibat bibir saya terasa pedas (kepedesen) karena tadi sore saya menyantap Nasi Tempong Rasanya Luar biasa, Nasi Tempong memang unik , satu gelas es teh pun tak mampu untuk segarkan bibirmu, Bahkan pipi dan telinga mu terasa cetar membahana badai puting beliung jos gandos kotos-kotos, hehehe sedikit lebay ya, tapi  begitu lah rasa pedas nya Sego Tempong, seperti di tempong, ditampar rasa pedasnya Nasi Tempong

Tomat Bergelombang ( Ranti)

tomat bergelombang atau ranti buat nasi tempong

Resep Nasi Tempong Khas Banyuwangi

Nasi tempong atau Sego tempong ini sebenarnya hampir sama dengan makanan indonesia lainnya, Sego tempong terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lalapan sayuran seperti  sayur sawi, sayur bayam , timun,terong, dan kemangi, lauk-pauk seperti tahu, tempe, ayam, ikan asin dll, beda nya adalah di sambal, karena sambal nya menggunakan Tomat bergelombang (Ranti) dan Terasi khusus, Terasi yang terbuat dari Teri Nasi, bagi penikmat sambal, menikmati rasa sego tempong akan menemukan sensasi tersendiri

Cara Memasak Nasi Tempong

rasa sambal pedas nya mantab bikin ketagihan

Warung Nasi Tempong

Sesuai namanya "Tempong" Artinya "Tampar" , setelah makan rasa pedasnya seperti di Tampar, Sego Tempong atau Nasi tempong adalah makanan kuliner khas Banyuwangi Jawa Timur, Harga makanan ini hampir sama dengan harga lalapan, tergantung lauk apa yang anda inginkan, Paling mantab dinikmati dengan nasi masih sedikit panas "kebul-kebul" ehm... maknyus bos, Hampir di setiap sudut-sudut kota Banyuwangi banyak bertebaran penjual Nasi tempong, di Jawa timur dan Bali, kuliner satu ini juga mudah anda dapatkan

Rasa Pedas Sambal Nasi Tempong

pedas gurih nya sego tempong luar biasa


Video Nikmatnya Nasi Tempong:
Selain Nasi Tempong anda juga bisa mencoba kuliner di Banyuwangi Lainya seperti : Rujak Soto, Jangan Kesrut, Ayam Kampung Pedas, Pecel Rawon, Kue Bagiak, Kue Sale Pisang dll,  Selamat Berkunjung Di Bumi Blambangan

Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Menikmati Nasi Tempong Banyuwangi , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
94 Komentar untuk "Menikmati Nasi Tempong Banyuwangi"

melihat modelnya memang sama dengan nasi lalapan nih mas
cuman beda nama saja ya

sambal nya beda mas, lebih terasa maknyus

selamat mas, anda dapat nasi tempong :D

Rasanya seperti tertampar, ya, makan nasi tempong :)

hehehe... begitulah sensasi makan sego tempong

kalau dibatam kayaknya ayam penyet di kang, hahahha

o gitu ya mas
nanti kalau kebanyuwangi akan saya coba deh

Ish.. liat postingan ini jadi lafar sangat.. mana pas cuaca ujan.. :D

cocok hujan-hujan makan sego tempong pedas, langsung hangat :)

siap bos, jangan banyak-banyak sambalnya bos

kalo makan nasi tempong inih.. bisa lupa utang Mas..! ha..ha..ha
piringya ditaroh di mana inih Mas..!,.
sabun cuci mana?

maaf tidak menerima kas bon, piring taruh atas genteng
sabun cuci ada di ruang tamu , huehehe :)

mas yanto selalu pertamax ya, jadi mas yanto belum pernah mencoba premium

yang ini saya belum pernah mencoba merasakan Sego Tempong kuliner Khas Banyuwangi

mangan sego tempong duduk lesehan di gubuk tengah sawah, pasti manteb banget, jadi inget mudik...

jadi pengen nyoba nih...
suka banget sama yang pedes-pedes :)

suwear jadi pngen,, soalnya pedesnya itu menggoda banget .. syangnya disini belum nemu itu nasi tempong :(

nasi tempong sangat cocok bagi yang suka pedas

wah sarapan sego tempong pasti enak. Tapi kalau pedas, tidak kuat akan pedasnya

terus, pamer doang gituu?
saya dicuekin yang dalam kondisi lapar begini? huhh, sungguh terlalu

kalian berdua rekan masa kecil pasti.
mana ketapelnya

Banyuwangi = toyoarum = air wangi apakah airnya itu baunya harum?

yapasti lha mbak
kan mbak lina yg bayarin

sepertinya rasanya nikmat tu mas.....udah gitu...pedes gila

gak ngerti di blandring, di tempong aja :)

Yang begini biasanya menggoada perut haaaa

semakin digoda semakin kepincut hehehe

bayangin sambelnya deh.. tomat ranti, teri nasi, plus terasi spesial.. duh.... enyakkk kayaknya :D

harus nyobain ini, apalagi kondang pedesnya

wah wah jadi laperrrr *ngiler hahaha ,semoga aja nanti bisa main2 ke banyuwangi :D
salam kenal mas.

wah enak ya sob
blognya udah ane follow atas nama SimBalisme no 1427 follback simbalisme.blogspot.com

Coba donk minta resep sambal nya.. hehe... ke Banyuwangi kejauhan mas.. makannya ga sambil di tempong kan? XD

resep nya pakai tomat bergelombang dan terasi dari teri nasi
hehehe.. hanya rasa sambal nya saja, seperti di tempong `_'

main ke rumah gan , dapat sego tempong gratis :)

adminnya yang nraktir, ternyata ini adminnya teman lama saya. Saya baru tau setelah baca artikelnya Pesona Wisata Alam Kawah Ijen, Selasa, 28 September 2010
dan lihat komentarnya ada mbak Dhana Arsega, kang tomo, pak Djangan Pakies dan mas Asis Sugianto dan yang lainnya

gimana rasanya mas....? manis, asam, atau pahit :)

apa bener itu mas.....? kalau kali wungu beneran kalinya warnanya ungu :)

gambar-gambar di atas itu seharusnya ada ditempat saya.....?

di atas itu dua teman lama saya, yang satu ahli ponsel hp dan yang satunya ahli hasil nelayan itu dulu...... saya tinggal selama 5 th sekarang malah jadi ahli semuanya :)

saya siapin bahanya mbak Lina yang masak :)

kaliwungu gak tahu ya
kalau kalideres , kali ne bener-bener deres :)

setelah anda tahu apa itu nasi tempong, harusnya iya :)

pasti nya lezat
jos gandos kotos-kotos :)

Menu yang seperti ini yang saya suka kalau makan, sederhana tapi nikmat bikin perut kenyang :D

Disantap dengan nasi yang hangat sepertinya lebih mantap ya :) sepertinya sambalnya memang khas sana ya hahaha

iya benar, ada resep khusus buat sambal nasi tempong

astagfirullah mas jadi kepengen nyicipin

silahkan dicicipi kuliner sego tempong nya mas :)

Makanan pake sambel makin menambah selera tapi kalo terlalu pedes kayaknya kudu ditahan dulu tanpa sambel dech makannya hehe

tidak pakai sambal boleh kok mas, tapi sensasi makan sego tempong ini terletak di rasa sambel nya yang khas

Recomended nasi tempong terkenal dan ueenak ya nasi tempong mbokkkk wahhh,,,,,,,, lezizzzzzzzz



Back To Top