Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Teknik dan Peralatan Memancing ikan


mancing dapat ikan langsung di goreng
Sok bisa mancing ikan padahal gak banget hanya bisa mancing ikan cumi-cumi pakek umpan udang-udangan hehe, Maklum saya hanya pernah ikut perahu slerek Muncar, itu pun gak lama, karena terpancing sesuatu,kalau teknik mancing paling umum dan paling populer di kalangan pemancing, bisa dong.. ya bisa la,Teknik mancing paling gampang, adalah pasang umpan, lalu cemplungkan dan tunggu sampai ada sambaran atau strike, atau paling gampang pergi ke pasar ikan atau ke (TPI) tempat pelelangan ikan Muncar pasang uang, tawar-menawar setelah deal langsung bungkus bawa pulang deh tuh ikan, begitu ya... gampang kan (-_-)

joran reel senar gunting harus dibawa biar lancar

Mancing Ikan air Laut

Tidak setiap pemancingan ikan di laut selalu berhasil dengan baik. Saat memancing ikan dilaut, faktor cuaca atau faktor alam di dalam dan permukaan laut sangat berpengaruh pada hasil tangkapan, Terik tidaknya matahari pada siang hari kadang memengaruhi kegiatan ikan. Memancing yang baik adalah saat menjelang pagi atau subuh, dimana secara biologis ikan baru keluar dari tidurnya dan mencari makan. Diteruskan hingga siang hari teriknya matahari yang terus bersinar tanpa adanya mendung dan gelap

berikan aku ikan maka aku akan hidup satu hari


Teknik Memancing ikan  

  1. Bottom Fishing (Mancing Dasaran) pasang mata kail ,pasang umpan,pasang pemberat, dan disesuaikan dengan arus air, lempar tunggu sampai di sambar
  2. Fly Lining (Ngoncer) Mancing dengan menggunakan ikan hidup atau live bait sebagai umpan, dan biarkan umpan berenang bebas agar dimakan oleh ikan pemangsa
  3. Negek (ngegarong) ikan yang di garong tertangkap bukan karena pancing nyangkut di mulutnya, tetapi justru pada bagian lain seperti buntut, perut atau insang
  4. Trolling dipakai pada saat kapal jalan dengan kecepatan 5-7 knot dan menggunakan umpan buatan, teknik ini biasanya digunakan memancing ikan tengiri, marlin dll.
  5. Casting, melemparkan umpan tiruan ke arah target,kemudian tarik kembali secara perlahan-lahan sehingga umpan yang dirancang sedemikian rupa bergerak menyerupai ikan atau umpan hidup sehingga menarik perhatian ikan predator
  6. Jigging ,Lemparkan umpan sejauh mungkin dan dibiarkan meluncur ke dasar laut , Teknik jigging biasa dilakukan dari atas kapal atau perahu yang tidak berjalan


Umpan Memancing Ikan

  1. Umpan untuk ikan air tawar: cacing,keong,anak kodok, kroto, jangkrik, udang, pelet (pakan ikan),umpan ikan hidup,umpan ikan mati,dan umpan tiruan dan masih banyak umpan lain yang cocok tergantung jenis dan ukuran ikan yang akan di pancing
  2. Umpan untuk ikan air laut : kerang,udang,cumi iris,belut,bandeng,lemuru,semenit atau sempenit,anak ikan,daging ikan di iris-iris, umpan ikan hidup,umpan ikan mati,dan umpan tiruan dan masih banyak umpan lain yang cocok tergantung jenis dan ukuran ikan yang akan di pancing

umpan mancing tinggal sesuaikan saja dengan jenisnya

Alat memancing ikan
  
bagi anda yang baru hobi mancing, sangat perlu untuk mengetahui dan memahami peralatan yang akan di bawa, bekal makanan dan minuman untuk kegiatan memancing, terus bawa Joran dulu, sama Reel lengkap dengan benang atau senar dan pelampung sama mata kail, terus sama bawa gunting untuk motong senar pas mata kail nya melilit, atau beli saja yang sudah jadi lengkap tinggal pasang umpan dan lempar ke tempat target, tapi kalo mancing ikan cumi-cumi tanpa joran juga bisa, pakek benang gulungan sama "umpan tiruan" dah beres, tinggal lempar tarik pelan2 tungguin sampek agak terasa berat berarti ada yang nyantol, atau kalo siang hari kelihatan tintanya nyemprot pas si cumi nyangkut


baca primbon atau baca arah angin yang penting doa kepada tuhan

Doa Memancing Ikan

Pada dasarnya memancing hanyalah salah satu cara menangkap ikan. Oleh karena itu banyak cara atau teknik menangkap ikan, Memancing ikan dapat dibedakan berdasarkan alam buruannya, yaitu,Memancing ikan air laut dan Memancing ikan air tawar, jadi Jangan Lupa berdoa semoga mancing nya berjalan lancar tidak ada halangan sesuatu apapun,


mengurangi stress dan melatih kesabaran

Manfaat Memancing Ikan

1. Menghilangkan stres
2. Menghilangkan kejenuhan
3. menurunkan rasa emosi
4. Menghilangkan rasa lelah
5. Melatih kesabaran

Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Teknik dan Peralatan Memancing ikan , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
Tag : ikan, muncar
40 Komentar untuk "Teknik dan Peralatan Memancing ikan "

Informasi teknik memancing yang cukup lengkap.... layak disimak bagi yang suka memancing. tapi jangan memancing keributan kali ya... hehehehe
Salam sukses,

Alhamdulillah baik bos, Terima kasih atas kehadiranya

perlu latihan juga ya untuk memancing ikan itu mas.
tp saya nggak hobby memancing sih jadinya untuk menambah wawasan saja deh.

oya ini kunjungan perdana diblog ini mas salam kenal

wahh keren teori mancingnya nih, saya malah sering tuh mancing di laut Cilacap, dari pagi sampe sore nggak dapet apa-apa. hebat nggak?

hebat itu, jarang-jarang orang mancing bisa kayak gitu

Aku datang kawan
Melihat cara mancing ikan
Hmmm ternyata lumayan
Harus sabar dengan umpan...

Aku paling seneng mancing di kolam pemancingan kiloan. gampang dapetnya xixixixixi

saya nggak pernah nyobain mancing sih heheh nggak bisa juga
tapi kapan2 layak jg dicoba

Aku pernah ikut teman mancing, kok rasanya jenuh ya nungguin strike nya...ndak sabaran

makasih kedatanganya mbak Anisayu
yang sabar aja bisa gak dapat, apa lagi yang gak sabar

uenak itu, apalagi pas si ikan sudah lapar

berani mencoba mancing, resiko tanggung sendiri ya hehehe

hoki dan beruntung adalah sesuatu yang rahasia .. hehehe
makasih kehadiran nya bos

mas zach mah terlanjur hebat
hebat dari hongkong tapi

kabar nya baik ...
hehehe iya, baru update setelah 2 tahun gk di urus


kelihatannya gampang ya
tapi pasti susaaaah banget tuh

sy juga suka sekali memancing namun dari cara menangkap ikan yg paling tinggi sensasinya adalah memanah-menembak langsung. sebab terasa sekali ketika bertarung langsung dengan ikanx...

kalo nembak harus pinter berenang dan bisa menyelam

kata temen saya kalo sudah mancing lupa segalanya, ada kenikmatan tersendiri waktu umpan dimakan ikan

Terima kasih lho tekniknya :D saya sih gak suka mancing, tapi om saya giat banget mancing hehe. Manfaat yg utama sih melatih kesabaran ya Mas

Waduh, aku gak cukup sabar buat memancing. Nungguin dapet ikan pasti lama banget XD

mancing di pasar muncar, cepat dapatnya :)

dulu saya pikir mancing ya lempar umpan, terus tarik kalau di sambar... ternyata saya salah setelah mendapat ilmunya dan praktek langsung... ini bermanfaat sekali mas... salam... :)

Kegiatan mancing memang asyik mas. Dan semua perlengkapannya ada di blog ini. Salam kenal mas.

barangkali ada toko yb butuh pasokan serbuk perekat umpan ikan air tawar atau kukumbul, hubungi mondana di bandung HP 081394002445



Back To Top