Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Mengenal Kopi Lanang Banyuwangi


kopi berbiji tunggal

Apakah anda suka ngopi? Saya lagi ngantuk banget, kebetulan stok kopi di dapur habis, mungkin sudah dari sononya kalau saya ngantuk tapi susah tidur, mungkin juga karena saya belum minum kopi, iya saya suka sekali minum kopi, apalagi kopi lanang, atau kopi jawa , kopi jawa asli dari perkebunan kopi Banyuwangi

Untuk anda yang mengendarai kendaraan, sekedar lewat atau berkunjung di bumi Blambangan, tepat nya di kecamatan Kalibaru Banyuwangi, tidak ada salahnya anda santai sejenak menikmati secangkir Kopi Lanang hangat, sambil bercengkerama dengan sahabat dan keluarga, Anda juga bisa menikmati jalan-jalan di perkebunan kopi dan menyaksikan langsung proses pembuatannya

kopi dari jenis robusta arabika


Kopi Lanang 

Apa itu Kopi Lanang? disebut lanang lantaran bentuk bijinya berbeda dengan kopi pada umumnya. Lanang berarti laki-laki dalam bahasa Jawa. Disebut demikian karena bentuk biji kopi ini tunggal dan bulat, tidak terbelah seperti bentuk biji kopi biasanya. Kopi Lanang dihasilkan dari Jenis Kopi Robusta Maupun Arabika.

Kopi lanang adalah buah kopi yang berbiji tunggal sehingga berbeda dengan biji kopi pada umumnya. Artinya, buah kopi itu, jika dibuka kulit luarnya hanya terdiri dari satu bagian biji saja tanpa ada belahannya. Bentuknya bulat lonjong

Kopi dengan Biji Kopi Terbaik

Kopi Lanang dikembangkan oleh Perkebunan Malangsari PTPN XII Kalibaru Banyuwangi Jawa Timur. Kondisi alam dan suhu udara yang sangat dingin (20o – 3o C) pada ketinggian 1800 di atas permikaan laut (dpl) telah menghasilkan biji kopi terbaik.

Rasa Kopi Lanang

1. Citarasanya tak kalah nikmat dibandingkan dengan kopi luwak
2. Aromanya kuat ditambah agak asam membuat kopi lanang terasa nikmat;
3. Minum pagi, rasa masih tertinggal sampai sore.
kopi lanang asli dari malangsari

Kopi Untuk Pria Perkasa

Sarat dengan kandungan kafein yakni sekitar 2.1%, karenanya mampu meningkatkan vitalitas pria, Nilai Jual yang lebih tinggi dibanding kopi biasa, Aroma dan rasa jauh lebih kuat dari kopi biasa, Mengandung banyak senyawa (tribulus terrestris) senyawa ini merupakan suplemen herbal popular yang sangat berguna untuk meningkatkan kadar testosteron, gairah seks, dan dehydroepiandrosterone (DHEA)

Proses Kopi Lanang

Untuk mendapatkan kopi lanang itu melalui proses yang tidak mudah, karena untuk mendapatkan biji kopi lanang harus melalui penyortiran biji kopi yang jumlahnya mencapai puluhan ribu biji kopi jenis robusta maupun Kopi Arabika

Kopi Lanang Adalah hasil penyortiran dari hasil panen kopi jenis robusta yang berbiji bulat dan tunggal. Peaberry Coffee atau kopi lanang biasanya sekitar 2 – 5 % dari total produksi. Di Perkebunan Malangsari, rata-rata produksi pertahun mencapai 1.700 ton, sehingga kopi lanang yang dihasilkan hanya sekitar 34 s.d 85 ton/Tahun. Karena kelangkaan dan kerumitan pengolahannya itulah yang membuat Kopi Lanang lumayan mahal harganya.

Peaberry Coffee

Kopi lanang yang dipasar internasional biasa disebut peaberry coffee, Kopi Lanang terbaik hanya bisa dihasilkan dari pohon kopi yang berumur tua, pada kisaran umur 10 tahun ke atas. pada Areal perkebunan kopi, kopi lanang bisa dihasilkan oleh pohon kopi jenis robusta maupun arabika yang pada umumnya ditanam petani di Indonesia

Efek Negatif Minum Kopi

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat berkontribusi untuk jantung berdebar, hipertensi, insomnia, dan masalah kesehatan lainnya

Harga Kopi Lanang

Untuk harga nya kopi lanang ini sangat bervariasi, tergantung tempat dimana anda mau menikmatinya, kalau di warung kopi biasa harga satu cangkirnya 7000, kalau di Cafe mungkin harganya bisa mencapai 15.000, anda juga bisa PESAN DISINI dan bisa anda seduh dirumah



Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Mengenal Kopi Lanang Banyuwangi, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
21 Komentar untuk "Mengenal Kopi Lanang Banyuwangi"

aduhhh..rajin banget deh posting...pengen deh tetep semangat seperti yg punya blog ini...hehehe

Membaca artikel sobat membuat saya ingin suatu saat berkunjung ke banyuwangi :)

Meskipun ga suka minum kopi tapi kalau untuk memperhatikan masalah kesehatan juga perlu dilakukan demi terjaganya kesehatan tubuh.

saya juga kadang sulit tidur, padahal pola makan sudah diatur, sama olahraga.atau bisa jadi efek kopi seperti mas bilang?
kopi lanang dijual dipasaran mas?saya blm liat kopi lanang dipasaran soalnya..

Lihat postingan tentang Kopi Lanang, jadi inget Jam segini belum ngopi kang xixixii ....

kayaknya para kaum adam harus nyobain nih kopi,kopi lanang ini bisa meningkatkan vitalitas pria.ternyata kuliner di banyuwangi banyak juga ya mas :)

jadi pngn nyoba kopi lanang ini, aromanya gax kalah sama kopi luwak juga toh, hmm jadi inget deh, blm ngopi wkkwkw,,yuumari kita ngopi dlu kang :D.

itu belinya dimana ya? apakah hanya ada di banyuwangi

ane doyan banget ngopi gan
btw, itu kopi lanang yang di foto itu arabica atau robusta gan?
berapaan harganya?
salam sruput :-D

milihin kopinya kaya apa kang, g kebayang sama sayah?

untuk pria perkasa? saya banget tuh, hehe.. :P

kata yang lebih pas dibanding kopi luwak hhhhhhh

Kopi Lanang, namanya kok rada-rada sangar gitu ya sob :D

sayang banget akku tidak suka minum kopi ::( padahal kan kopi banyak manfaatnya iya mas untuk kesehatan ...

Pantes aja ya mas bila disebut kopi lanang, ternyata bisa membuat para lelaki menjadi perkasa.

Nice share. Please share this too.

1. Espresso Grinders : http://www.toolsbuff.com/categories/Espresso-Grinders/

2. Eureka KRE Espresso Grinder : http://www.toolsbuff.com/products/Eureka-KRE-Espresso-Grinder.html

3. Compak F10 Fresh Espresso Grinder - Polished Aluminum : http://www.toolsbuff.com/products/Compak-F10-Fresh-Espresso-Grinder-%252d-Polished-Aluminum.html

4. Broil King Sovereign XLS 20 Stainless Steel/Black 4-Burner (50,000 BTU) Liquid Propane Gas Grill : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Sovereign-XLS-20-Stainless-Steel%7B47%7DBlack-4%252dBurner-%2850%2C000-BTU%29-Liquid-Propane-Gas-Grill.html

5. Broil King Baron S590 Stainless Steel 5-Burner Natural Gas Grill with 1 Side Rotisserie Burner : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Baron-S590-Stainless-Steel-5%252dBurner-Natural-Gas-Grill-with-1-Side-Rotisserie-Burner.html

6. Mazzer Mini E Espresso Grinder - Type A : http://www.toolsbuff.com/products/Mazzer-Mini-E-Espresso-Grinder-%252d-Type-A.html

7. Breville Grind Control Coffee Maker : http://www.toolsbuff.com/products/Breville-Grind-Control-Coffee-Maker.html



Back To Top