Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Durian Merah Sang Primadona

durian merah primadona banyuwangi

Merah, Rasa dari durian merah lebih lezat dan nikmat dari jenis-jenis durian lainnya, dari seluruh jenis durian yang hidup di Banyuwangi, Durian Merah paling jadi unggulan. Merujuk pada namanya, durian merah berarti dagingnya berwarna merah. Menurut Pengamat Holtikultura, Eko Mulyanto, durian jenis ini juga ditemukan di pedalaman Kalimantan. Namun rasa durian merah di Banyuwangi lebih manis, lebih legit dan lebih maknyus

Durian Merah Nikmat 

pohon durian merah banyuwangi

durian merah resmi milik banyuwangi

Secara fisik, biji DURIAN MERAH kecil tapi dagingnya tebal dan lembut. Harganya lebih mahal dibanding durian yang dagingnya berwarna kuning atau putih. Untuk durian merah kecil seberat 1 kilogram, harganya Rp 50 ribu. Paling besar dengan berat 2 kilo lebih, bisa mencapai Rp 100 ribu, Durian merah lebih mahal karena tanamannya tergolong langka, Hanya ada dua pohon yang tumbuh di Banyuwangi. Satu pohon dimiliki Sulaimi, warga Desa Balak, Kecamatan Songgon Banyuwangi. Sementara lainnya tumbuh di halaman rumah Serad, warga Desa Kemiren, Kecamatan Glagah Banyuwangi

Durian Merah Lezat

buah durian merah asli kabupaten banyuwangi

Durian Merah Maknyus

durian merah asli banyuwangi

Kedua pohon durian itu dipercaya berusia ratusan tahun. Sulaimi (75), menuturkan, pohon durian merahnya justru lebih unik. Dari dalam tanah, katanya, muncul dua pohon yang mirip percabangan. Satunya berwarna merah, lainnya berwarna putih. "Karena itu saya namain durian merdeka," tuturnya sambil tertawa, Dalam satu pohon, kata dia, bisa menghasilkan sedikitnya 150 buah durian merah. Setiap kali panen, durian selalu menjadi buruan. Menurut Sulaimi, masyarakat meyakini durian merah berkhasiat untuk menambah vitalitas lelaki. "Supaya stamina tetap fit," ujar kakek yang sudah turun temurun berjualan durian ini
 Nikmatnya Durian Merah


Semua orang pasti mengenal buah durian. Tapi, kalau DURIAN BERWARNA MERAH pasti belum banyak yang mengetahui. Bahkan, mungkin, sulit mempercayainya, Durian berwarna merah bukan isapan jempol. Buah itu benar-benar ada, tepatnya tumbuh di Desa Kemiren Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan begitu sohornya, salah satu gang di desa itu dinamakan Gang Duren Abang alias Gang Durian Merah.

Manisnya Durian Merah


Manfaat Durian Merah

Pak Serad warga Desa Kemiren, yang mempunyai satu-satunya pohon durian berbuah merah. Tak heran bila musim durian tiba rumah Serad tak pernah sepi pengunjung. Apalagi durian merah sudah menjadi buah primadona warga, menurut Serad, durian merah lebih manis dan gurih dibanding buah sejenis umumnya. Bahkan, tambah dia, durian merah dipercaya bisa meningkatkan vitalitas kaum pria,

Pak Serad dan Durian Merah nya yang maknyus

Uniknya Durian Merah Banyuwangi 

Begitu terkenalnya, peminat Durian Merah banyak yang datang dari luar Banyuwangi. Pantas saja Serad hanya menyuguhkan sebuah durian merah untuk dimakan bersama. Alasannya agar semua pengunjung bisa menikmati durian merah. Jadi jangan harap bisa membawanya pulang. Biasanya pengunjung hanya membawa pulang biji durian untuk dijadikan benih. Anda ingin mencoba?

Durian merah asli Banyuwangi

Kontes Durian Merah Digelar di Banyuwangi

Sebagai salah satu daerah penghasil durian merah, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, digelar kontes. Kontes durian merah digelar oleh Forum Pemerhati Holtikultura Banyuwangi, Jumat (25/4/2014)

Kontes durian merah sekaligus untuk pencarian pohon induk berkualitas yang digelar di taman bunga milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi ini, diikuti sebanyak 20 durian merah milik petani durian Banyuwangi. Sementara ada lagi 60 durian biasa berbagai jenis turut dicari yang terbaik juga mewarnai kontes

 Bibit Durian Merah

merah durian banyuwangi

VIDEO KONTES DURIAN MERAH BANYUWANGI:
Di Tahun 2014, sudah berkembang 200 pohon Durian Merah yang bisa dipanen tiap tahun. Penyebaran pohon Durian Merah ada di lima kecamatan yaitu Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin dan Giri, Untuk harga sekarang, durian merah ini juga cukup lumayan. Paling murah dibanderol Rp 120.000 sampai Rp 300.000 per buah. Sedangkan untuk bibitnya, dijual dengan harga bervariasi sesuai tinggi bibit, Selain Durian Merah, Banyuwangi juga dikenal sebagai sentra Semangka , Jeruk, Melon, Manggis dan menjadi Penghasil Buah Naga Merah, Bahkan Kabupaten Banyuwangi juga sudah mulai memproduksi buah naga merah organik

Selamat Berkunjung di Bumi Blambangan
Durian Merah Resmi Jadi Milik Banyuwangi
Bahkan dua varietas durian merah, yaitu Balqis dan SOJ (Sunrise of Java, yang memiliki daging buah berwarna orange), secara resmi telah diumumkan sebagai milik dan menjadi ciri khas bagi Banyuwangi oleh Kementerian Pertanian. Pengesahan dua varietas durian merah tersebut tertuang dalam SK Menteri Pertanian Nomor 143 tahun 2015

Posting tahun 2011- update tahun 2015-dari berbagai sumber
Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Maknyusnya Durian merah Banyuwangi, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
60 Komentar untuk "Durian Merah Sang Primadona"

wah?? beneran yah tu durian ga diwarnai?? bru ini liatnya :D

kalau durian mah aq g begitu suka sob, baunya itu loh aq g kuat

keren... warna merah >_< jadi kepengen, hehe

wuihh,.,,,hebatnya ya bisa merah kyk gitu...


selamat mengudara kembali :D

waaaaahhhh baru tau niiih, ada durian warna merah, gimana rasanya yaa...

trims atasa infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

Wich..........pengen nich.....jadi ngiler...........

kalo saya sama kaya mas rizky, kapok deh makan durian sekarang. nyium nya aja sakit kepala hhmmm.. pernah K.O soalnya makan durian mas hehe..

Jadi pengen nyobain, harus dibudidayakan tuh...

wah kalau yang ini nih betul-betul mecah duren mantapz
salam kenal

Wuihhh kliatannya mantap n leget tuh rasanya. ada juga ya sob Durian merah. baru tahu ane. ada bibit yg di jual g sob??

Mantap banget durennya
Penasaran rasanya.

jadi ngiller liat duriannya.. pasti rasanya enak bener nih ...

wah,,baru tau kalau ada durian merah,saya taunya yang isinya kuning aja mas :D
Terimakasih infonya :)

Sama, saya juga baru tahu ada durian merah.
Istri pasti pengin nyobain kalau liat fotonya sebab dia penggemar durian.

.Wah, Gan bagi dong .. pengen rasa .
.Di Medan gaada yang beginian. Rasanya sih Mantab tapi Warnanya ORI semua. -_-
.hehe. Tapi keren juga ya, baru tau gan. -/\-
.Thanks for inpoh.

alamak..aku ini pencinta durian mas.. dan melihat durian yg berwarna merah.. oh bergetar birahiku ingin menyantapnya..;))

Saya belum nemuin duren merah di sini gan, kalo ada kayaknya langsung dibeli nih :)

beneran dong, durian merah asli berwarna merah

bibit nya dijual gak nya saya belum tahu hehe :)

enak dong, rasa durian nya sama, warna dagingnya beda

hahaha, ayo di borong durian merah nya :)

saya juga hanya lihat durian merah di banyuwangi saja gan

langsung ajak istri dan keluarganya ke banyuwangi bos

iya sama-sama, durian merah lebih menggoda :)

gak berdosa kok makan durian merah, hajar saja :)

Aneh liat nya durian kok warna merah, btw gw ngak doyan durian #kasihan hehehe. Cium baunya aja dah eneg

beli disini aja gan, nanti dikirim lewat email :)

merah merekah menambah gairah bang cum :)
baunya enak bang, gak usah pakai parfum juga sudah wangi

rasa nya mirip durian biasa, daging nya sedikit berbeda

boleh mas, coba langsung ke tempat petani nya

terima kasih, semoga tetatp semangat, merah :)

rasanya hampir sama mas, daging nya beda :)

Kalau memang cuma 2, kenapa malah dijual murah coba....

Punya guru gue durian biasa siih. Tapi kalau tiap panen bisa 300 lebih. Hehe....

Ini durian lagi ngehit bngt. Bnyk yg rela ke Banyuwangi unk mencari Durian ini

ini mah aneh yah, kok warnanya merah??tapi rasanya sama enak dengan yang biasa??

harganya lebih mahal yah, kalo yang langka pasti deh mahal..

sudah berkembang menjadi 200 pohon mas Wahyu, menurut saya harganya cukup mahal 2 x lipat harga durian biasa

betul banget mas, kalau pas lewat atau sedang berlibur di Banyuwangi, wajib berburu durian merah ini

durian merah ini memiliki rasa berbeda dari pada buah durian lainya, rasanya enak, manis dan legit :)

sudah sering denger durian merah dari banyuwangi, beneran bikin penasaran rasanya..
kirim ke malang lah... :)

dibilang suka sih kurang begitu mas sama durian, memang rasanya itu enak dan makyus, hanya serasa panas badannya mas, kalau makannya lumayan banyak,

dan itu durian yang isinya merah, suer dech baru tahu, pernah dengar sih, cuma belum pernah lihat., kalau yang biasa warna kuning kan rasanya manis dan ada yang pahit manis juga, kalau yang merah seperti itu rasanya gimana mas.?

durian merah dagingnya tebal dan lembut, rasanya legit dan manis

iya mas, ukuran kecil saja harganya bisa seratus ribu

pesan berapa biji mas?, merah saja atau sama yang kuning :)

boleh nyicip ndak durian yang merah ini gak gan

Ini nih harus dikembangkan anak bangsa jgn keduluan sama negeri lain.
Mantap duriannya....
Ini merah banget beda dengan di tempat sayah

duriannya pasti manis ya mas,semanis mba yg diatas itu...



Back To Top