Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi

ini pelabuhan ikan muncar banyuwangi

Anak bukan nelayan lagi, kangen Muncar, kangen melihat Muncar Banjir ikan lemuru, Ikan Lemuru yang bikin Nelayan Muncar Tersenyum, dan kangen juga denganmu, iya kamu!, halah :) , ayo kita menuju kota ikan Muncar, melihat gigihnya para awak kapal perahu slerek, dimana ada sekitar lima puluh lima awak kapal bertelanjang dada, sambil mengalunkan lagu untuk menyelaraskan gerakan saat mereka menarik jaring raksasa, satu tangan bergantian dengan tangan yang lain, dengan penuh semangat

Video kegigihan nelayan muncar menangkap ikan:
Foto pelabuhan ikan muncar banyuwangi
Pelabuhan Ikan

Ini adalah pelabuhan ikan Muncar di Banyuwangi, Jawa Timur. Muncar merupakan pelabuhan ikan terbesar di pulau jawa. Nelayan Muncar menghias perahu mereka dengan aneka warna yang mencolok, beserta berbagai ornamen lainnya yang menarik, Sebagian besar nelayan disini memulai perburuan menangkap ikan pada tengah hari dan pulang pada keesokan harinya, sehingga ikan yang didapat masih segar. Sekelompok nelayan ini tengah memperbaiki jaring, sebagai persiapan untuk melaut

Ayum-ayum atau Perbaiki jaring ikan

nelayan perbaiki jaring ikan


Mereka merupakan awak kapal penangkap ikan yang menggunakan jaring cincin. Jaring cincin merupakan alat penangkap ikan yang besar. Pengoperasiannya membutuhkan awak kapal yang banyak. Peralatan jaring cincin Nelayan Banyuwangi terdiri dari dua kapal besar yang bergandengan, dan perangkat jaring yang panjangnya 300 sampai 500 meter, dengan lebar 10 meter.

Jumlah awak yang mengoperasikannya 50 orang. Pukul satu siang, saat ombak tidak terlalu besar dan cuaca cerah, merupakan saat yang paling tepat untuk memulai perburuan ikan,Beginilah suasana saat perburuan dimulai. Sang nakhoda bernama Sabar, memimpin seluruh awak kapal menuju ke Selat Bali untuk mencari kawanan ikan tongkol. Mesin kapal dihidupkan. Kapal melaju dengan kecepatan sedang meninggalkan pelabuhan Muncar

 Awak kapal penangkap ikan

awak kapal slerek menarik jaring ikan

Satu kapal di depan berfungsi sebagai pemburu kawanan ikan. Di kapal ini dipasang delapan mesin tempel. Di kapal depan juga ditempatkan jaring dan awak kapal yang bertugas menarik jaring, jumlahnya lebih dari 40 orang.Delapan mesin digunakan agar kapal dapat berpacu kencang melebihi kecepatan kawanan ikan. Sehingga kawanan ikan permukaan yang hidup bergerombol seperti tongkol, lemuru maupun ikan layang tidak mampu menghindar dari jaring cincin.

Perahu Slerek Muncar

nelayan muncar menarik jaring ikan

Jaring Cincin atau Jaring Slerek

cara kerja jaring cincin atau jaring slerek

Benar saja. Setelah berlayar lebih dari 4 jam, saat kapal tengah berada di perairan laut Bali, tiba-tiba kapal yang berada di depan melesat kencang, mengejar gerombolan kawanan ikan tongkol. (Tawur) Inilah sebutan nelayan Muncar saat jaring digelar. Seluruh awak kapal sibuk menggiring kawanan ikan, agar masuk ke dalam lingkaran jaring cincin yang digelar. Bahkan di antara awak kapal ada yang terjun ke laut 

Jenis Alat Penangkap Ikan

awak perahu slerek kota ikan muncar

Setelah jaring tertebar penuh, kapal akan berputar membentuk cincin. Awak kapal yang berjumlah 45 orang mulai menarik jaring bersama-sama. Waktu yang diperlukan menarik jaring ini cukup lama, bisa mencapai 3 hingga 4 jam.Untuk menambah semangat, para awak kapal menyanyi bersama-sama. Meskipun syair lagunya tidak jelas. Kini saatnya kedua kapal saling merapat, dan kawanan ikan terkurung pada ruang sempit, sehingga terkumpul seperti ini

awak kapal perahu slerek muncar

sensasi menjadi awak kapal perahu
 
Sensasinya benar-benar luar biasa saat kawanan ikan tongkol terkumpul dan dimasukkan ke tempat penampungan di lambung kapal. Sekitar 5 kwintal kawanan ikan tongkol tertangkap jaring pada tebaran jaring yang pertama. Ini termasuk tangkapan sedang, karena biasanya satu kali tebar dapat menjaring ikan lebih dari satu ton

 kawanan ikan tongkol tertangkap jaring

kota ikan muncar dapat ikan tongkol


Perburuan dilanjutkan kembali. Dalam keadaan normal, tanpa terjangan ombak yang besar, nelayan sanggup menebar jaring sampai empat kali, dengan rata-rata hasil tangkapan 5 sampai 6 ton. Namun terkadang, hasil tangkapan bisa mencapai 10 ton dalam semalam. Kapal selanjutnya kembali ke pelabuhan Muncar. Ikan hasil tangkapan disetorkan ke industri sarden, yang banyak terdapat di sekitar pelabuhan Muncar,



Terima Kasih buat : Indosiar.com
Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
108 Komentar untuk "Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi"

Meangkap ikan nya masih pakai jaring, Jadi gak ngerusak trumbu karang... Formasi mengambil ikannnya bagus banget, melingkar-lingkar... itu bagi bagiin jatah kenelayannya gimana mas...

Para nelayannya juga indah diliat, sangat kompak dalam menangkap ikan...

wah pelabuhan ini tentunya menjadi salah satu pemasok penghasilan daerah yg terbesar yamas

dimalang ada juga sih pelabuhan ikan disendang biru mas,tp nggak sebesar dimuncar ini

setiap awak perahu slerek mendapatkan bagian uang makan + ikan yang bervariasi sesuai dangan hasil yang di dapatkan, Pada saat tangkapan ikan cukup baik, ya lumayan lah

di sendang biru banyak orang muncar mas

iya mas yanto , kalau gak salah Muncar penyumbang terbesar PAD Banyuwangi mas

Kalo dilihat dari atas keren juga...pemandangan pelabuhannya

Oh...sudah lama daku tak melihat dan merasakan suasana pelabuhan....sesuatu banget kali ya kalau bisa nangkap ikan sejaring besar, trus dijual..trus dapet duit..asekkk.. hehehe.

waw, ikan yang didapat banyak sekali ya mas.hehe

itu ga takut tikecebur apa nangkep ikannya?hehe

Pelabuhan yang menarik dan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga nih ...

mantep mas,,semoga para nelayan tidak serakah,,sehingga masih bisa dinikmati hingga anak cucu kita nanti :)

wah kalau hasilnya kayak gitu enak juga ya para nelayannya yamas

paling demen . kalo nelayannya lagi panen ikan wkwk

bner juga sih mas, itu mah resiko ya mas.hehe

Wah ini kalao bahasa kami namanya Branjang haaaa, nggak kayak pukat harimau yg ngelibas semua...

Pelabuhan oh pelabuhan
Ada kapal-kapal nelayan
Membawa pulang ikan
Buat untuk kita makan

Pelabuhan oh pelabuhan
Langitmu mengingatkan
Ada pisah ada ketemuan
Harum diperahu kenangan

kayanya mba eka seneng banget yah dengan suasana pantai..

Sepertinya asyik bisa liat langsung proses penangkapan ikannya, belum pernah ngerasain berlayar ke laut juga sih mas :D

Muncar bertabur mutiara dalam lautan sana ya?..
panen ikan

ayo ajak keluarga nya bos, main ke muncar :)

enak kalau kalau dapat, kalau gak dapat ya ngenes (^_-)

yang penting tidak merusak ekosistem dasar laut

Muncar pertahankan peralatan tradisional

Nenek moyangku seorang pelaut. Keren juga banget pelabuhannya, semangat buat para nelayan

kalo kesana sediain ikannya ya. mas, asyik tuh kalo dibakar :)

lebihn indah lagi, kalo bisa bakar ikan disana :)

jika cara menangkap ikannya penuh dengan kasih sayang dan cinta, tentu lautpun akan terus menyediakan ikan untuk di bawa ke pelabuhan ikan muncar banyuwangi...dengan cinta ya kang

muncar ternyata pelabuhan terbesar di jawa yah.. itu photo-photonya keren mas, aku suka photo yang mancing dilaut, juga photo kapalnya.. semua hebat mas..

Nelayan oh nelayan
Profesimu sungguh lah menawan
Mengambil ikan untuk meraih kehidupan
Ku hanya bisa mengagumi walau dari kejauhan

Enak juga ya mas, bisa melihat langsung segala kegiatan di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Sepertinya kegiatan masyarakat lokal di sana bisa menjadi sebuah wadah pembelajaran yang baik, terutama dalam hal penangkapan ikan dan pengolahanannya dengan baik dan benar. Jadi ingin melihat langsung aktifitas di pelabuhan Muncar banyuwangi mas. Terimakasih sharingnya.

nanti di coba kalau sempat main ke kota ikan :)

siap mas, ikan segar untuk dibakar selalu ada di pasar ikan Muncar

Muncar bertabur Ikan Lemuru dan pabrik pengolahan Ikan

pelabuhan ikan Muncar memang keren mas :)

Perahu nelayan terbawa hempasan gelombang perlahan, Pagi buta beranjak Meninggalkan gubuk kecilmu Mengayuh sampan, Merenungi kehidupan, pada dinding waktu aku bercermin. diriku hanyalah seorang nelayan

puisi Nelayan :)

widdih ayaman jaringnya besar sekali, kir-kira sekali lempar itu jaring bisa mendapat ikan lebih dari 1 ton tuh mas, jaringnya gede begitu..

dapat ikan plus dapet cinta lagi,
itulah seorang nelayan, sang pahlawan bagi segenap manusia di bumi ini, karena dari tangan-tangan beliau, orang-orang bisa sukses, karena ikan adalah sumber protein yang dapat mencerdaskan pola pikir.

satu kuncinya kenapa mencari ikan dengan cara ini akan menghasilkan banyak ikan yaitu bapak-bapaknya harus ada yang pakek cd tok ya mas, akhirnya si ikan mengira oh diatas itu ada teman saya, hehe...
saya dulu pernah diBanyuwangi 3 bulan jadi tahu pelabuhan ini mas, tapi mencari degan ikan model jaring cincin baru tahu disini

betul sekali mbak Devy, Makan ikan bisa meningkat kan kecerdasan

iya mbak, tapi itu nylerek mbak, bukan mancing :)

hehehe, berada di tengah laut biasa gitu gan, lagian percuma pakai baju atau celana lengkap, soalnya pasti basah kena air laut

bagusnya kalo dilihat dari atas, salam anak pantai sob :)
follback ya :)

pastinya pelabuhan ini pemasok ikan terbesar ya kang? kalau saya main kesana dikasih ikan gax ya :D

iya mas , kalau mas hary kesini pasti dikasih mas :)

1 malam 10 ton x 30 malam. wah banyak tonnya.
berapa ya 1kg nya . misalkan 1 kgny 100rb.

10x30x1000x100000 = 30.000.000.000

weh banyak juga duitnya ya. Kekayaan indonesia melihpah gening.

Kang anak nelayan memang kaya bner ya. dari hotel sampai perikanan. mantapslah

Hehe.. pengen yang gratis terus nih :D

Menangkap ikan pun ada strategi dan teknik yang tertentu...
Pasti ikan-ikan di situ sangat segar (fresh)..

melihat video kegigihan nelayan muncar menangkap ikan jadi terpana melihat kegigihan mereka. dan yang jelas tangkapan ikan merekapun banyak yang bisa membuat nelayan tersenyum bahagia. lemuru enak bakar tuh mas tambah sambal terasi beuuuhhhhh saaaddaaapppp......memang pantas kalau muncar di sebut pelabuhan ikan terbesar di pulau jawa.

yang jelas ikan lemuru itu enak mbak dibakar dan di santap di tepi pantai sambil merasakan nikmatnya hembusan anginnya.

kayaknya kalau ke banyuwangi perlu juga kemuncar dan singgah dulu dirumah anak nelayan.....pasti disuguhin ikan kan mas?

saya ikut juga ya mas....kopdar kita....heee

kalau itu sih iya kayaknya yan...saya suka...saya suka

salam hangat dari gerombolan anak pantai .... goyang reggae man...

kalau banyak, ya banyak juga duitnya untuk di bawa pulang....tapi kekompakan mereka itu yang sangat menarik

iya, tapi masih kalah keren sama gambarmu :)

Wah.. benar2 nelayan sejati ya?? Perahunya keren2..

namanya jg berusaha
kadang dapet banyak kadang banyak banget

pemandangannya indah banget mas, pasti seru banget ya bisa melihat secara langsung proses penangkapan ikannya....

semoga Muncar ku kembali bergairah, menjadi pelabuhan ikan terbesar di indonesia dan menjadi pelabuhan ikan terbesar di dunia

iya bang, Nelayan Muncar menghias perahu mereka dengan aneka warna

biar tambah seru, jangan lupa di sruput dulu kopi nya mas :)

ayo ke rumah admin, bakar ikan gratis, rokok nya beli sendiri-sendiri :)

ah gue jadi pengen ngeliat kegiatan nelayan secara langsung...seru gitu keliatannya...

dari sekian banyak artikelnya keliling indonesia, sepertinya mbak Mila belum keliling Banyuwangi, Ayo ke Banyuwangi mbak :)

waktu masih smp, saya sering main-main ke pelabuhan perikanan muncar, video nya keren banget dan kompak sekali , salut deh sama para nelayan muncar

Wuih tangkepannya bisa sampai 10 ton mas? kerja keras yg luar biasa tuh ya nelayannya...

tahun berapa itu?, kok gak ketemu saya :)

rata-rata 3 sampai 6 ton, mungkin pas lagi hoki itu dapat 10 ton

ikannya banyak sekali tuh, gedhe2 pula.keren.

Saya liat videonya pada semangat tp kok gak smpe naik ikannya toh mas...

agan2 kalau ada yang tau suplier ikan tenggiri daerah pelabuhan muncar.. tolong infonya ya.. trims

Kangen Muncar,,,,,
Kpn Muncar kembali ramai dg ikanmu seperti dl,,,,?!!!'



Back To Top