Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Melihat Kesibukan Nelayan Muncar

perahu slerek muncar dipenuhi ornamen khas

Dibalik perahu-perahu slerek dan pabrik-pabrik pengolahan ikan yang ada di muncar ada banyak aktivitas lain dibelakangnya selain karyawan pabrik itu sendiri, seperti tukang ngelas baling-baling kapal, tukang becak ikan dan es batu, ada pengepul ikan (blantik) , tukang service perahu, penjual garam, penjual ikan segar, tukang bikin pindang, pengrajin bikin ikan asin, tukang perbaiki jaring, ada tukang Manol ikan, di kampung tidak jauh dari pantai ada juga tukang bikin (ghodong) tempat untuk naruh ikan pindang, tukang bikin (coban jaring) untuk perbaiki jaring nelayan, (Ngojur) dll

Ngojur
Ngojur banyak dilakukan oleh perempuan, Ngojur adalah Aktivitas mencari sisa ikan dari buangan kapal ikan perahu slerek, ikan hasil Ngojur dagingnya juga masih segar , ikan ini sengaja dibuang karena body ikan kurang bagus, atau ikan yang jatuh pada saat para awak pengangkut ikan membawanya, waktu saya kecil juga pernah Ngojur sepulang sekolah (SD) bersama teman, kadang berangkat sendiri bawa serok

Hasil dari Ngojur bisa saya pakai beli jajan tanpa minta kepada orang tua, kalau hasilnya pas lumayan malah bisa beli sepatu baru, iya saya berdiri di pinggir pantai pakai serok ikan, sambil berharap ada sedikit tumpahan dari kapal ikan yang baru saja mendarat di pantai muncar, waktu itu saya belum berani berenang ke tengah mendekati perahu, hanya menunggu ikan dihempas gelombang, sampai di pinggir saya ambil, harga ikan hasil ngojur lebih murah dari harga ikan yang ada di pasar

buruh pengangkut ikan disebut manol
Manol
Ikan diangkut berdua menggunakan keranjang besar, Para pengangkut ikan di Muncar disebut Manol, biasanya ikan langsung dibawa oleh tukang Manol menuju daratan, lalu ditaruh di (becak protol) dibawa ke tempat pelelangan ikan (tpi) atau dibawa langsung ke pabrik pengolahan ikan, saya menyebutnya Becak Protol karena becaknya sengaja di protol, tinggal body nya saja, karena tempat duduk dan sandaran empuk di becak sudah tidak dipasang, selain untuk mengangkut ikan, becak protol ini juga biasanya dipakai untuk mengangkut es batu glondongan, dari pabrik es menuju ke perahu-perahu slerek Muncar, yang mau berangkat mencari ikan ke tengah lautan

profesi menjadi awak kapal perahu slerek
Nylerek

Setiap Perahu Slerek biasanya membawa 40-50 awak kapal, Bekerja menjadi awak kapal perahu inilah disebut Nylerek atau Tukang Slerek, biasanya setiap awak perahu slerek membawa perbekalan sendiri-sendiri dari rumah, semua makanan serta minuman ditaruh di didalam ember plastik supaya gampang tidak terkena air, waktu naik dari pantai menuju perahu, Isi bungkusan yang mereka bawa biasanya sederhana saja, nasi dan sambal, serta lauk pauk ikan goreng, tahu  dan tempe, tetapi setelah berada di tengah laut makanan-makanan itu akan terasa begitu nikmat tiada tara

Pasar Ikan Muncar
pasar ikan kota ikan muncar



Video Pasar Ikan Muncar Banyuwangi:

demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Melihat Kesibukan Nelayan Muncar , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda
Tag : ikan, muncar, nelayan
109 Komentar untuk "Melihat Kesibukan Nelayan Muncar"

Wah, jadi begitukah para nelayan?
Kapan-kapan bisa dong ajak saya ke sana. Hahha...

Oh iya. Kalau ngetik, coba tanda bacanya diperhatikan juga. Biar makin enak bacanya. Heheh

ikannya besar-besar dan masih segar ya :)

maklum ini blog punya anak nelayan bukan punya anak bahasa :)

saya bukan anak nelayan, tapi saya juga tinggal dekat pantai.jadi salam anak pantai sob.
salam kenal.... :)
tolong kunbal ya :D

Untuk musim" seperti ini ikannya lumayan sob,mudah ditangkap.berbeda ketika musim ketika masih badai kemarin. tapi syukurlah.bad day telah berlalu :D
salam kenal ya

semangat banget mereka para nelayan ya gan untuk cari rejeki berburu ikan, semoga aja berkah hasil nya

hahaha betul-betul :)
tapi nanti saya perhatikan deh

kehidupan para nelayan yang selalu mengarungi samudra luas memancing berbagai jenis ikan yang ada didalam lautan sangatlah menyenangkan dan menggembirakan hati, apalagi jika melihat kesibukan para nelayan yang hendak berangkat dan pulang melaut.

nelayan kecil harus semangat mas.. Amien

Seru setiap hari melihat pantai dan perahu

lebih menyenangkan lagi ketika melihat hasil ikan tangkapan yang melimpah, lalu disambut hangat dan bahagia oleh keluarga di rumah

ngojur dan blantik ikan, paling banyak dilakukan oleh ibu-ibu

hari yang sibuk di Muncar ya..

Jadi terinspirsi untuk lebih semangat daripada bapak ibuk nelayan-nelayan ini :')

anak pantai,uyehhh
wah keren ya kalau tinggal dekat pantai,kalau main ketempat mas,ajak ya naik perahu,sekalian cari ikan :3

Banyak istilah yang baru saya dengar mas, trims bisa nambah wawasan....

saya pernah juga ketempat sandarnya kapal ikan di pelabuhan kalbar. yang saya suka, semua aktifitas di sana seakan mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya. dan mereka seakan di sibukkan oleh cita-cita yang sama, walau dalam wilayah kata....#ikan

sama mas, saya juga minta di ajak dan kebetulsan saya paling suka ikan...mau mancing langsung dengan perahu di laut....

kalau masalah ikan kebanyak ada campur tangan ibu-ibu...dan akan lebih enak dan lengkap karena keterlibatan ibu-ibunya...begitu bu...mau ikut terlibat gak?

Wisata bahari kita emang tiada bandingan yaaa..
oya km kukasi liebster award yaaa

pinggir pantai apalagi lihat nelayan yang baru sampai memang bikin hati riang ya MAs

ayo, siapkan stamina dan perbekalan
perahu berangkat jam 1 siang, pulang besok pagi

sama-sama kang, terimakasih kunjunganya

keindahan dan kedamaian rahasia kekayaan samudra raya

kata ikan :)

lobster eh liebster, terima kasih ya awardnya

Melihat kesibukan nelayan di tepi pantai menjadi pemandangan yang mengasyikkan juga buat kita ya mas. Oh, minta kopinya dong..hehehe...

huwaaaa..... itu jaringnya gede banget ya....

NELAYAN INI ADALAH KARYAWAN YG SGT PEMBERANI...BUKAN SENANG MENCARI REZKI DI TENGAH LAUT.

Jika memperhatikan nelayan
Pasti harum ikan
Dengan indahnya lautan

Bikin perutku ingin makan
Sup ikan dan sambal ikan

Keren mas, jadi kepikiran mau nulis yg sama haaaa. Tapi hunting perahu nelayan dulu :-D

yang penting judul nya jangan sama aja gan :)

ada enaknya juga ya mas tinggal deket pantai.tiap hari bisa liat pantai.kalo saya liat ombak dipantai berasa ga ada masalah deh..

betul mak cik, nelayan memiliki tekad dan niat yang kuat

beli ikan lemuru dipasar campur ikan teri
maaf buatmu lapar ketika datang kemari

ah suka banget sama pantai
seru ya di pantai

sering-sering ke pantai kalau gitu bos

Wah nemu istilah baru, ngojur... di kampung juga ada aktifitas begini, tapi lupa istilahnya..

saya nyobain Ngojur bisa ga yah.. gengsi tidak mas..?

keren ya,seumur-umur belum pernah melihat secara langsung dan mendetail seperti yang ditulis diatas,mungkin cuma lihat dari kejauhan,itupun kalau lagi ke pantai dan liburan mancing hihii,maklum di magelang gak ada lautan mas

saya sangat salut dengan ke gigihan para nelayan, mereka tidak kenal lelah dan takut mesti harus berperang melawan ombak di samudra nan luas.

disana ada tukang manol gak? huehehehe:)

main ke Banyuwangi mas, ada banyak pantai yang indah

kalau masalah gengsi, urusan pribadi itu teh hehehe :)
kalau mau tahu rasanya ngojur, kapan2 boleh dicoba

ditempat saya juga seperti itu kok mas,,walaupun saya baru tau kalo Ngojur adalah Aktivitas mencari sisa ikan dari buangan kapal ikan perahu slerek, mungkin kalo dikampung saya nggak itu kali namanya ya mas hehe

Seperti dipertanian jika musim panen. Pasti ada yang mencari sisa sisa hasil panen. Kadang lebih untung gede yang mencari sisa sisa itu daripada tukang panennya. Ada bakat jadi wartawan nih adminnya. Jangan lupa vidionya dipasang di youtube siapa tau menghasilkan iklan.

Maafmu kuterima masuk hati
tapi maaf perutku lapar lagi
ingin makan nasi
betapa nikmat lauk ikan tengiri

dari satu kegiatan usaha sekali membawa usaha yang lain ya?
saya juga possisi di dekat pantai kalau pagi pagi ada yang lagi menjala ikan dipinggir pantai biasanya murah. 20 rb dapat sekarung.

mantab dan maknyus :)
video nya sudah ada di youtube mas djangkaru

Wah sepertinya seru banget ya mas, ngeliat kesibukan nelayan muncar...
banyak istilah-sitilah yang masih asing di telinga saya mah mas, seperti istilah ngojur misalnya

sambil makan klepon dijamin makin asyiiikkk....

ikan yang banyak berada jauh dari pantai, harus gigih mas

ada yang panjang ada yang pendek, ada juga yang sedang :)

kalau disana apa namanya dok? saya tunggu jawabanya :)

harga ikan selalu tergantung kondisi cuaca dan pasokan

iya mas, google sendiri masih asing dengan istilah ngojur :)

kalao di pinggir pantai saya malah sudah pada ga ada nelayan

dulu saya paling sering "Ngojur"...tapi karena seringnya akhirnya saya di jatah setiap kali kapal datang. padahal kalau mancing juga bisa banyak dapatnya. rasa ramai aja kalau ngoyur sama kawan-kawan, pulang kerumah bikin bumbu langsung bakar dan dimakan ramai-ramai. muantab gan.

yah itulah hebatnya Tuhan, bisa mencipkan keindahan dalam suasana kerja. katika kita mencari ikan dan mendapatkannya, rasa bahagia juga datang gan...

nah kalau lobster itu saya suka sekali gan...maknyus kalau dibikin masakan apa aja...heee

ia mungkin ya murah karena lagi banyak kali ya.

tapi kalau saya lebih seneng mancing mbah

kasih aja gulanya setengah gelas...nanti kalau mau bikin lagi gak usah tambah gula lagi.

yang paling gede itu jaring cinta gan....gak ada batasannya.

bawa santai aja kayak dipantai...kurang lebih sama hen.
kapan nih admin ngajak bakar-bakar ikan...? menunggu kepastian...#diajak

bayar pake ikan nes...kalau gak pake kupluk mas yanto...heeee....piss yooo pissssss.

Nelayan itu orang hebat. Saya tak membayangkan seandaianya saya jadi nelayan, harus berada ditengah lautan, dengan cuaca yang tak menentu, betapa menakutkan. Tapi bagi nelayan itu adalah hal biasa.

Saya setiap kepantai jarang liat nelayan, soalnya ditempat wisata...pengen liat langsung perahu-perahu slerek, paling kalo pulkam doang, lewatin pantura...
Semenjak Presiden memboikot pengambilan ikan dari pihak asing, penghasilan tangkapnya makin banyak gak....

menarik sekali :)..saya baru tau ada banyak istilah untuk kegiatan seputar nelayan..kereeen..makasih sudah berbagi :)

wah berarti ketika ada kapal ikan menepi akan ada banyak orang ngojur dadakan yamas.
untuk menambah penghasilan

tentunya ada peningkatan signifikan mas

benar mas yanto, kedatangan perahu sudah di tunggu

semoga tuhan selalu melindungi para nelayan ketika berada di tengah lautan, walaupaun cuaca sedang tidak bersahabat

saya paling ke pantainya pangandaran, cipatujah, batu karas sama pantai sekitaran sini deh..

pasti yang ngojur kebanyakan ibu-ibu ya mas? hehe terlihat ringan soalnya :D

iya, hehehe kelihatan nya ringan ya, boleh dicoba :)

mulai kemarin saya cek sudah di index :)

bener itu mbah, saya sering dikasih 1 kresek
mancing paling enak ya di pasar ikan mang :)



Back To Top