Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Mengenal ikan terbang atau Flying Fish

ikan terbang atau flyng fish

Bukan hanya burung saja yang bisa terbang, ikan di lautan juga ada yang bisa terbang, Pernahkah anda mendengar dan melihat Ikan Terbang? atau Flying Fish, ikan yang memiliki sayap dan bisa terbang melintasi laut yang maha luas, ikan terbang mampu meluncur keluar dari permukaan air dan melayang di udara, Tubuhnya bulat memanjang seperti cerutu,bagian bawah tubuh mengkilap

Ikan Terbang

ikan terbang atau flyng fish


Ikan bisa terbang? dialah Exocoetidae atau  Flying Fish, ikan terbang ini adalah familia ikan laut yang terdiri atas sekitar 50 spesies yang dikelompokkan dalam 7 hingga 9 generasi. Ikan terbang ditemukan di semua samudra utama, terutama di perairan tropis dan subtropis di samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia. Ciri utamanya yng paling menonjol adalah sirip  dadanya yang besar, memungkinkan ikan ini meluncur terbang secara singkat di udara, di atas permukaan air, untuk lari dari pemangsa. Peluncuran mereka biasanya sejauh sekitar 50 meter, namun mereka dapat menggunakan dorongan pada tepi gelombang hingga dapat mencapai jarak setidaknya 400m

Flying Fish

ikan terbang atau flyng fish

satu ekor ikan terbang dapat mengeluarkan telur sebanyak 4000 s/d 9000 butir dalam sekali memijah, dan pemijahan ikan ini bersifat pelagophils dan pytophils, yaitu meletakkan telurnya pada tumbuhan dan benda-benda terapung dipermukaan laut seperti sargassum (rumput laut) atau daun-daun kering

Foto Ikan Terbang

ikan terbang atau flyng fish


ikan terbang terdapat di perairan jernih dekat daerah "up welling" (kenaikan masa air) dan di perairan laut tersebut di mana plankton melimpah. Berdasarkan kondisi itu terbang banyak dijumpai di perairan timur Indonesia,daerah-daerah tersebut di antaranya, Selat Makasar, Laut Flores, Laut Natuna, Laut Aru, Laut Arafura Irian Jaya, Bagian Utara Sulawesi Utara, Perairan Selatan Bali dan Jawa Timur, Pantai Barat Sumatera Barat, Laut Halmahera, Laut Banda, Perairan Sabang Ujung Banda Aceh dan Laut Utara Iraian Jaya

Gambar Ikan Terbang

ikan terbang atau flyng fish

Daripada cuman lihat lihat foto? atau cuman mengetahui informasi saja kurang lengkap, zaman sekarang  gak asyik kalau gak melihat video nya langsung, ayo kita lihat video ikan terbang bareng-bareng benar gak ikan ini benar-benar terbang

Video Ikan Terbang






sumber: foto google images
sumber: video youtube.com
Tag : ikan
22 Komentar untuk "Mengenal ikan terbang atau Flying Fish"

indah sekali ciptaan sang Khalik ini sob terimakasih informasinya ya

Pernah saya lihat ikan terbang ini semasa nak bot ke Pulau Tioman.

wah kayak ikan indosiar hiii
slam kenal^^

kalau mendengar pernah kang.
tapi kalau melihat sendiri belum

iyo kang.
bagus sekali ikan terbangnya tapi tidak bisa tinggi ya

dulu pernah lihat diacara TV, keren banget....
semoga populasinya bisa bertahan dan tidak punah karena ketamakan manusia :D

btw, trims untuk kunjungannya :)
he.. he...

salam sahabat
ehm kok ada yach,itu bentuknya kayak ikan wong fa yi kalau orang cina mengatakan xiixi

makanannya plankton.
pantesan saja bisa terbang kawand ya hehe

wah jadi bener² ada ya sob berarti ini yang digunakan sebagai maskot salah satu stasiun tv itu ya hehe..flying fish

Subhanallah...., disini byk kutemukan keajaiban Allah...

silau melihat tubuh bagian bawah ikan ini

kalau dilihat dari fotonya kira2 sedap nggak kalau di masak ya?



Back To Top