Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Pembuat Perahu Ikan Keliling

pak herman pembuat perahu

Ayo update bos! Copast-copast gak apa alah yang penting update huehehe,Si pemburu artikel-artikel informasi tentang nelayan Muncar  beraksi lagi,Kali ini saya dapat informasi tentang team pembuat perahu slerek..mimpi pengen punya perahu sendiri, Wah saya pengen bisa buat perahu sendiri,ajarin donk pak Herman..ngarep mode on, Ngarep punya perahu sendiri jadi juragan darat dong, mimpi setinggi langit boleh kan

Hidup berpindah-pindah bagi Herman (45) warga Kecamatan Muncar, Banyuwangi tak menjadi soal. Maklum, Herman yang berprofesi pembuat perahu kayu membuatnya harus mendatangi pemesan sesuai permintaan, Dalam satu perahu, Herman membutuhkan waktu 4 hingga 5 bulan lamanya dibantu dengan 8 pekerjanya. Harga yang dipatok untuk membuat perahu itu antara Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

Seperti yang tampak terlihat di pinggir Pantai Grajagan Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. 3 bulan lamanya Herman dan teman-temannya menyelesaikan pembuatan perahu ikan yang dipesan salah seorang juragan setempat, Perahu ini jenisnya Slerek Mas, panjangnya 24 meter dengan lebarnya 5 meter," jelas Herman saat ditemui di bengkelnya kepada detiksurabaya Sabtu (8/11/2008).

Herman mengaku untuk menyelesaikan satu Perahu Slerek, tim Herman menghabiskan waktu 3 bulan hingga 4 bulan. Tergantung susah tidaknya mendapatkan kayu yang dipakai sebagai bahan kontruksi utama, Agar pelanggan tidak kecewa, rata-rata bengkel perahu memilih tiga jenis kayu yang tahan dengan 'kerasnya' air laut yakni kayu Nyamplung, Akasia dan Sambi. Sayang saat ini ke-3 jenis kayu itu susah untuk didapat.

Sudah mahal, kayunya juga mulai langka Mas. Kayu-kayu langka itu kebanyakan didapat dari daerah Jember, Bondowoso dan Situbondo," keluh Herman dengan logat madura yang kental, Dia mengaku harga perahu kayu yang ditawarkan bervariasi. Standar harga sudah menjadi kesepakatan antar bengkel perahu. "Rp 300 juta itu belum mesin dan perlengkapan lainnya," jelas Kusnan pemilik bengkel perahu lainnya.

Laki-laki asal Desa Kebundadap Barat, Kecamatan Srunggi, Sumenep, Madura itu sudah 4 bulan berada di Pantai Grajagan untuk menyelesaikan 2 unit Perahu Slerek pesanan Haji Safi'i juragan ikan setempat. Tak jauh berbeda dengan Herman, Kusnan juga ditemani 8 rekan lainnya.Dalam kurun satu tahun, rata-rata bengkel perahu itu dapat menyelesaikan 3 unit perahu slerek. Tak hanya di Jatim saja, tukang perahu yang rata-rata berpengalaman 15 tahun ini melanglang buana hingga ke Pulau Bali hanya untuk memenuhi permintaan pelanggan. 

sumber: detik.com
Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Ayo Ke Teluk Biru Banyuwangi , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih


Tag : muncar, nelayan
4 Komentar untuk "Pembuat Perahu Ikan Keliling"

hee.. bikin perahu mahal juga ya ternyata.. kirain seharga motor bebek aja

Wah...mantap juga nih.. ternyata ada bengkel perahu juga ya..

owww. segitu ya ternyata harga perahu...
speda bututku kalau dijual baru dapat dayungnya ya... ck ck ck ck



Back To Top